Cari di Blog Ini

Minggu, 04 Mei 2008

Beli ORI dimana?

Beberapa waktu yg lalu pemerintah kembali memasarkan Obligasi Ritel Indonesia (ORI) kepada masyarakat. Kali ini adalah seri ke 4 atau ORI 004. Jangka waktunya adalah 4 tahun dengan kupon bunga 9.5% per tahun.

Adapun ke 18 Agen Penjual ORI 004 yg ditunjuk adalah:
1. PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk
2. PT. Trimegah Securities Tbk
3. PT. Bank Central Asia Tbk
4. PT. Danareksa Sekuritas
5. PT. Reliance Sekuritas
6. PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
7. PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk
8. PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk
9. Citibank N.A
10. PT. Bank Permata Tbk
11. PT. Bank Lippo Tbk
12. PT. Bank International Indonesia Tbk
13. PT. Pan Indonesia Bank Tbk
14. PT. Bank NISP Tbk
15. PT. Bank Bukopin Tbk
16. HSBC
17. PT. Bank Niaga Tbk
18. PT. Bank Mega Tbk.

Nah kembali ke pertanyaan diatas, pilih beli ORI dimana?
Untuk Pasar Perdana, menurutku lebih baik beli di tempat Anda sudah mempunyai rekening sebelumnya. Ini terutama untuk kemudahan dan menghindari biaya2 administrasi yang tidak perlu.

Misalnya Anda adalah nasabah BCA. Sebaiknya membeli melalui BCA saja. Semua nasabah BCA bisa membeli meskipun bukan termasuk pada nasabah prioritas.
Prosesnya cukup mudah, cukup mendatangi kantor cabang BCA terdekat (tidak perlu BCA prioritas)dan mengisi formulir pemesanan pembelian.
Bila sumber dana berasal dari tabungan (autodebet), pemesanan harus dilakukan pada cabang BCA dimana kita membuka tabungan. Setelah itu dana akan di-"lock" sesuai dengan jumlah pesanan kita. Adapun jumlah pembelian minimum adalah 5 juta rupiah dengan kelipatan 5 juta rupiah. Pesanan akan diteruskan kepada BCA Prioritas untuk diproses.
BCA Prioritas kemudian menerbitkan konfirmasi pemesanan kita sesuai dengan kuota yg ditetapkan oleh pemerintah.

Bunga Obligasi akan ditransfer tiap bulan melalui rekening BCA Anda. Untuk semua proses tersebut Anda hanya dikenakan biaya materai Rp 6000 untuk formulir pemesanan dan Rp 6000 untuk surat kuasa pendebetan dana (autodebet) dari rekening Anda.

Tidak ada komentar: